SILABUS
Sekolah : SMAN 1 Talang
Empat
Kelas/Semester : X/1
Kompetensi Inti : 1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
2.1 Menampilkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam melakukan komunikasi
searah dalam bentuk memberi dan menjawab pertanyaan tentang identitas diri.
2.2 Mencerminkan
perilaku kerjasama, responsif dan proaktif dengan melakukan komunikasi/
dialog/ berinteraksi dengan guru dan teman dalam bentuk memberi informasi,
bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi terkait dengan
pembelajaran teks fungsional tentang identitas diri.
2.3 Menghargai
perilaku disiplin, tanggung jawab, motivasi internal, pola hidup sehat dan
ramah lingkungan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan
menulis tentang identitas diri.
3.1 Memahami bunyi
ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas
diri.
3.2 Memahami
informasi umum dalam wacana singkat tentang identitas diri.
3.3 Memahami
informasi rinci dalam bentuk deskripsi tentang identitas diri.
3.4 Memahami penggunaan unsur-unsur
kebahasaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi dengan memperhatikan,
waktu, tempat dan lawan bicara yang meliputi pelafalan, intonasi dan ejaan :
kosakata, tata bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam ruang lingkup identitas
diri.
4.1 Mengolah
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri.
4.2 Menyajikan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana secara
nalar tentang identitas diri.
4.3 Mengamati
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
4.4 Menyajikan
informasi bernalar secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang identitas diri.
|
- Dapat mengucapkan salam saat bertemu,
berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat mengidentifikasikan salam saat bertemu,
berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat membuat percakapan singkat mengenai salam saat
bertemu, berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat menulis Hiraganaあ - こ.
|
BAB 1 – Aisatsu
- salam saat bertemu dan
berpisah
- ucapan terimakaih, maaf
- Hiraganaあ - こ
|
mengucapkan
salam
O mencocokkan gambar
$
menulis salam
|
PR
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
|
- Dapat berhitung dari 0-12
- Dapat mengidentifikasikan bilangan 0-12 dan
perintah di dalam kelas
- Dapat menulis Hiragana さ - と.
|
BAB 2 – Tatte
Kudasai
- bilangan 0-12
- instruksi dalam kelas
- Hiragana さ - と
|
bermain
menyebutkan bilangan
O bermain mengikuti intruksi
|
PR
|
2 X 45 menit
|
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
|
|
- Dapat menyebutkan
nama, tingkatan kelas, asal sekolah dan memperkenalkan diri.
- Dapat menulis Hiragana な - ほ.
- Siswa
dapat menyatakan tempat tinggal dan nomer teleponnya.
- Siswa
dapat menulis Hiragana ま - よ
|
BAB 3 – Hajime-mashite
- menyatakan kelas, nama,
kebangsaan
- perkenalan diri
- Hiragana な - ほ.
BAB 4 – Denwa
Bangō
- nomer telepon
- tempat tinggal
- Hiragana ま - よ
|
bermain peran memperkenalkan
diri sendiri dan orang lain
wawancara tempat tinggal dan
nomer telepon
$ Tes
tertulis 1 (bab 1-4)
praktek perkenalan
|
PR
- PR
- tes
tertulis
- praktek
|
4 X 45 menit
6 X 45 menit
|
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
|
|
2.1 Menampilkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam melakukan komunikasi
searah dalam bentuk memberi dan menjawab pertanyaan tentang kehidupan
sekolah.
2.2 Mencerminkan
perilaku kerjasama, responsif dan proaktif dengan melakukan komunikasi/
dialog/ berinteraksi dengan guru dan teman dalam bentuk memberi informasi,
bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi terkait dengan
pembelajaran teks fungsional tentang kehidupan sekolah.
2.3 Menghargai
perilaku disiplin, tanggung jawab, motivasi internal, pola hidup sehat dan
ramah lingkungan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan
menulis tentang kehidupan sekolah.
3.1 Memahami bunyi
ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam bentuk paparan atau dialog tentang
kehidupan sekolah.
3.2 Memahami
informasi umum dalam wacana singkat tentang kehidupan sekolah
3.3 Memahami
informasi rinci dalam bentuk deskripsi tentang kehidupan sekolah
3.4 Memahami
penggunaan unsur-unsur kebahasaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi
dengan memperhatikan, waktu, tempat dan lawan bicara yang meliputi pelafalan,
intonasi dan ejaan: kosakata, tata bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam
ruang lingkup kehidupan sekolah.
4.1 Mengolah
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan
sekolah
4.2 Menyajikan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana secara
nalar tentang kehidupan sekolah
4.3 Mengamati
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan
sekolah
4.4 Menyajikan
informasi bernalar secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang kehidupan sekolah
|
- Dapat
menyatakan barang-barang yang dibawa siswa dalam berbagai bahasa.
- Dapat menulis Hiragana ら – ん.
- Dapat menceritakan ke-pemilikan barang-barang
yang dibawa siswa
- Dapat mengidentifikasi-kan kepemilikan
barang-barang yang dibawa siswa
- Dapat menulis Hiragana
yang memakai dakuten dan handakuten
|
BAB 5 – Nihongo de Nan desuka?
- barang yang dibawa siswa
- kata tunjuk
- bahasa
- Hiragana ら – ん.
BAB 6 – Tono-san
no Enpitsu desuka?
- kepemilikan benda
- Hiragana
yang memakai dakuten dan handakuten
|
bermain
tebak gambar
tanya
jawab mengenai kepemilikan benda
O mencocokkan gambar
$ Tes
tertulis 2 (bab 5-6)
ujian praktek menunjukkan nama benda
|
PR
- PR
- tes
tertulis
- praktek
|
4 X 45 menit
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
Kembang Seri, Juli 2014
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMAN 1 Talang Empat
NASPIN, S.Pd WIDIYASARI,S.Pd
NIP. 19691012 199701 1 001 NIP. 19880221 201001 2 010
SILABUS
Sekolah : SMAN 1 Talang
Empat
Kelas/Semester : X/2
Kompetensi Inti : 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1
Menampilkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam melakukan komunikasi searah dalam bentuk memberi dan
menjawab pertanyaan tentang kehidupan sekolah.
2.2
Mencerminkan perilaku kerjasama, responsif dan
proaktif dengan melakukan komunikasi/ dialog/ berinteraksi dengan guru dan
teman dalam bentuk memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan
melaksanakan instruksi terkait dengan pembelajaran teks fungsional tentang kehidupan
sekolah.
2.3
Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab,
motivasi internal, pola hidup sehat dan ramah lingkungan melalui kegiatan
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis tentang kehidupan sekolah.
3.1
Memahami bunyi ujaran ( kata, frasa atau kalimat )
dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
3.2
Memahami informasi umum dalam wacana singkat
tentang kehidupan sekolah.
3.3
Memahami informasi rinci dalam bentuk deskripsi
tentang kehidupan sekolah.
|
- Dapat menceritakan ruangan-ruangan yang ada di
sekolahnya.
- Dapat menulis Hiragana bunyi yoon.
|
BAB 8 – Toire wa Doko desuka?
- ruangan di sekolah
- kata ganti tempat
- Hiragana bunyi yoon.
|
mencari informasi mengenai letak ruang
|
- PR
- membuat
denah sekolah
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
- Dapat bercakap-cakap mengenai keberadaan seseorang di sekolah
- Dapat
menulis Hiragana ぎゃ - ぴょ
|
BAB 9 – Doni-san wa Doko ni Imasuka?
- keberadaan orang
- Hiragana ぎゃ - ぴょ
|
tanya jawab mengenai tempat di sekolah
$
Tes tertulis 1 (bab 7-9)
ujian
praktek menyatakan keberadaan benda atau orang
|
- PR
- tes
tertulis
- praktek
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
|
- Dapat menyatakan tanggal hari ulang tahunnya
|
BAB 10 – Tanjōbi
- bulan
- tanggal
|
wawancara
mengenai tanggal ulang tahun
|
PR
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
|
- Dapat menyatakan hari dan tanggal kegiatan sekolah
-
Dapat menulis Katakana ア - コ
|
BAB 11 – Tesuto wa Nan-yōbi desuka?
- hari
- kegiatan sekolah
- Katakana ア - コ
|
tanya
jawab mengenai waktu kegiatan sekolah
|
- PR
- membuat
kalender
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
|
3.4
Memahami penggunaan unsur-unsur kebahasaan yang
baik dan benar dalam berkomunikasi dengan memperhatikan, waktu, tempat dan
lawan bicara yang meliputi pelafalan, intonasi dan ejaan: kosakata, tata
bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam ruang lingkup kehidupan sekolah.
4.1
Mengolah informasi lisan berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
4.2
Menyajikan informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana secara nalar tentang kehidupan sekolah.
4.3
Mengamati wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
4.4
Menyajikan informasi bernalar secara tertulis
dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
|
- Dapat
mengidentifikasi-kan dimulainya dan berakhirnya tahun
ajaran pada suatu negara.
- Dapat
mengidentifikasi-kan
isi pengumuman mengenai waktu kegiatan sekolah (agenda sekolah).
-
Dapat menulis Katakana サ-ト
|
BAB 12 – Gakkō wa Nan-gatsu kara Nan-gatsu made
desuka?
- negara
- tahun ajaran
- jangkauan waktu
- Katakana サ-ト
|
O mencocokkan gambar
membaca teks dan menjawab soal
$
Tes tertulis 2 (bab 10-12)
ujian
praktek menyatakan waktu dalam hari, tanggal dan bulan
|
- PR
- tes
tertulis
- praktek
|
6 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
- dapat mengidentifikasi-kan keterangan waktu dalam jam
-
dapat menulis Katakana ナ - ホ.
|
BAB 13 – Nanji desuka?
- jam
- Katakana ナ - ホ
|
O menghubung-kan
titik-titik jam
|
PR
|
4 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
|
- dapat menyatakan kesan suatu mata pelajaran
- dapat menulis Katakana マ – ヨ.
|
BAB 14 – Nihongo no Jugyō wa Dō desuka?
- mata pelajaran dan kesannya
- Katakana マ – ヨ
|
wawancara mengenai kesan mata pelajaran
|
- PR
- membuat
jadwal pelajaran
|
2 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
|
- Siswa dapat membuat karangan mengenai mata pelajaran dan kegiatan
sekolah.
- dapat mengidentifikasikan isi teks yang
berkaitan dengan kegiatan
yang dilakukan di sekolah.
- dapat menulis Katakana ラ - ン.
|
BAB 15 – Tosho-shitsu de Hon wo Yomi-masu
- kegiatan di sekolah
- Katakana ラ - ン
|
$ menulis kalimat
membaca teks dan mengisi tabel
$
Ulangan harian 3 (bab 13-15)
ujian
praktek menyatakan waktu dan kesan mapel
|
- PR
- tes
tertulis
- praktek
|
6 X 45 menit
|
- searching internet
-
Kartu gambar
-
Lembar kegiatan
|
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMAN 1 Talang Empat
NASPIN, S.Pd WIDIYASARI,S.Pd
NIP. 19691012 199701 1 001 NIP. 19880221 201001 2 010
0 komentar:
Posting Komentar