Selasa, 30 September 2014

silabus bahasa jepang kelas X



SILABUS

Sekolah             : SMAN 1 Talang Empat
Kelas/Semester  : X/1
Kompetensi Inti  :       1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1 Menampilkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam melakukan komunikasi searah dalam bentuk memberi dan menjawab pertanyaan tentang identitas diri.
2.2 Mencerminkan perilaku kerjasama, responsif dan proaktif dengan melakukan komunikasi/ dialog/ berinteraksi dengan guru dan teman dalam bentuk memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi terkait dengan pembelajaran teks fungsional tentang identitas diri.
2.3 Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab, motivasi internal, pola hidup sehat dan ramah lingkungan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis tentang identitas diri.
3.1 Memahami bunyi ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri.
3.2 Memahami informasi umum dalam wacana singkat tentang identitas diri.
3.3 Memahami informasi rinci dalam bentuk deskripsi tentang identitas diri.
3.4  Memahami penggunaan unsur-unsur kebahasaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi dengan memperhatikan, waktu, tempat dan lawan bicara yang meliputi pelafalan, intonasi dan ejaan : kosakata, tata bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam ruang lingkup identitas diri.
4.1  Mengolah informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
4.2  Menyajikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana secara nalar tentang identitas diri.
4.3  Mengamati wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
4.4  Menyajikan informasi bernalar secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
- Dapat mengucapkan salam saat bertemu, berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat mengidentifikasikan salam saat bertemu, berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat membuat percakapan singkat  mengenai salam saat bertemu, berpisah, ucapan terimakasih dan maaf.
- Dapat menulis Hiragana - .
BAB 1 – Aisatsu
- salam saat bertemu dan berpisah
- ucapan terimakaih, maaf
- Hiragana -
         mengucapkan salam
 O         mencocokkan gambar
$ menulis salam
PR

4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Dapat berhitung dari 0-12
- Dapat mengidentifikasikan bilangan 0-12 dan perintah di dalam kelas
- Dapat menulis Hiragana - .
BAB 2 – Tatte Kudasai
- bilangan 0-12
- instruksi dalam kelas
- Hiragana -
         bermain menyebutkan bilangan
O bermain mengikuti intruksi
PR
2 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Dapat menyebutkan nama, tingkatan kelas, asal sekolah dan memperkenalkan diri.
- Dapat menulis Hiragana - .


- Siswa dapat menyatakan tempat tinggal dan nomer teleponnya.
- Siswa dapat menulis Hiragana ま - よ
BAB 3 – Hajime-mashite
- menyatakan kelas, nama, kebangsaan
- perkenalan diri
- Hiragana - .

BAB 4 – Denwa

Bangō

- nomer telepon
- tempat tinggal
- Hiragana -

         bermain peran memperkenalkan diri sendiri dan orang lain




         wawancara tempat tinggal dan nomer telepon
$ Tes tertulis 1 (bab 1-4)
         praktek perkenalan
 PR





- PR
- tes
  tertulis
- praktek
4 X 45 menit





6 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
2.1  Menampilkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam melakukan komunikasi searah dalam bentuk memberi dan menjawab pertanyaan tentang kehidupan sekolah.
2.2  Mencerminkan perilaku kerjasama, responsif dan proaktif dengan melakukan komunikasi/ dialog/ berinteraksi dengan guru dan teman dalam bentuk memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi terkait dengan pembelajaran teks fungsional tentang kehidupan sekolah.
2.3  Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab, motivasi internal, pola hidup sehat dan ramah lingkungan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis tentang kehidupan sekolah.
3.1  Memahami bunyi ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
3.2  Memahami informasi umum dalam wacana singkat tentang kehidupan sekolah
3.3  Memahami informasi rinci dalam bentuk deskripsi tentang kehidupan sekolah
3.4  Memahami penggunaan unsur-unsur kebahasaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi dengan memperhatikan, waktu, tempat dan lawan bicara yang meliputi pelafalan, intonasi dan ejaan: kosakata, tata bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam ruang lingkup kehidupan sekolah.
4.1  Mengolah informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah
4.2  Menyajikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana secara nalar tentang kehidupan sekolah
4.3  Mengamati wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah
4.4  Menyajikan informasi bernalar secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah
- Dapat menyatakan barang-barang yang dibawa siswa dalam berbagai bahasa.
- Dapat menulis Hiragana .



 

- Dapat menceritakan ke-pemilikan barang-barang yang dibawa siswa
- Dapat mengidentifikasi-kan kepemilikan barang-barang yang dibawa siswa
- Dapat menulis Hiragana yang memakai dakuten dan handakuten
BAB 5 – Nihongo de Nan desuka?
- barang yang dibawa siswa
- kata tunjuk
- bahasa
- Hiragana .


BAB 6 – Tono-san no Enpitsu desuka?
- kepemilikan benda
- Hiragana yang memakai dakuten dan handakuten
 bermain tebak gambar







         tanya jawab mengenai kepemilikan benda
 O         mencocokkan gambar
$ Tes tertulis 2 (bab 5-6)
        ujian praktek menunjukkan nama benda
PR








- PR
- tes
  tertulis
- praktek
4 X 45 menit








4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan

                                                                                                                                               
                                                                                                                     Kembang Seri, Juli 2014
                      Mengetahui,                                                                          Guru Mata Pelajaran
          Kepala SMAN 1 Talang Empat                                    



                   NASPIN, S.Pd                                                                        WIDIYASARI,S.Pd
           NIP. 19691012 199701 1 001                                                          NIP. 19880221 201001 2 010


SILABUS

Sekolah             : SMAN 1 Talang Empat
Kelas/Semester  : X/2
Kompetensi Inti  :       1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1  Menampilkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam melakukan komunikasi searah dalam bentuk memberi dan menjawab pertanyaan tentang kehidupan sekolah.
2.2  Mencerminkan perilaku kerjasama, responsif dan proaktif dengan melakukan komunikasi/ dialog/ berinteraksi dengan guru dan teman dalam bentuk memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi terkait dengan pembelajaran teks fungsional tentang kehidupan sekolah.
2.3  Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab, motivasi internal, pola hidup sehat dan ramah lingkungan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis tentang kehidupan sekolah.

3.1  Memahami bunyi ujaran ( kata, frasa atau kalimat ) dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sekolah.
3.2  Memahami informasi umum dalam wacana singkat tentang kehidupan sekolah.
3.3  Memahami informasi rinci dalam bentuk deskripsi tentang kehidupan sekolah.




- Dapat menceritakan ruangan-ruangan yang ada di sekolahnya.
- Dapat menulis Hiragana bunyi yoon.
BAB 8 – Toire wa Doko desuka?
- ruangan di sekolah
- kata ganti tempat
- Hiragana bunyi yoon.
         mencari informasi mengenai letak ruang

- PR
- membuat denah sekolah

4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Dapat bercakap-cakap mengenai keberadaan seseorang di sekolah
- Dapat menulis Hiragana ぎゃ - ぴょ

BAB 9 – Doni-san wa Doko ni Imasuka?
- keberadaan orang
- Hiragana ぎゃ - ぴょ
         tanya jawab mengenai tempat di sekolah
$ Tes tertulis 1 (bab 7-9)
         ujian praktek menyatakan keberadaan benda atau orang

- PR
- tes
  tertulis
- praktek
4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Dapat menyatakan tanggal hari ulang tahunnya
BAB 10 – Tanjōbi
- bulan
- tanggal
         wawancara mengenai tanggal ulang tahun
PR

4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Dapat menyatakan hari dan tanggal kegiatan sekolah
- Dapat menulis Katakana -
BAB 11 – Tesuto wa Nan-yōbi desuka?
- hari
- kegiatan sekolah
- Katakana -
         tanya jawab mengenai waktu kegiatan sekolah
- PR
- membuat kalender
4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
3.4  Memahami penggunaan unsur-unsur kebahasaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi dengan memperhatikan, waktu, tempat dan lawan bicara yang meliputi pelafalan, intonasi dan ejaan: kosakata, tata bahasa dan aksara bahasa Jepang dalam ruang lingkup kehidupan sekolah.

4.1  Mengolah informasi lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
4.2  Menyajikan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana secara nalar tentang kehidupan sekolah.
4.3  Mengamati wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
4.4  Menyajikan informasi bernalar secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.
- Dapat mengidentifikasi-kan dimulainya dan berakhirnya tahun ajaran pada suatu negara.
- Dapat mengidentifikasi-kan isi pengumuman mengenai waktu kegiatan sekolah (agenda sekolah).
- Dapat menulis Katakana -

BAB 12 – Gakkō wa Nan-gatsu kara Nan-gatsu made desuka?
- negara
- tahun ajaran
- jangkauan waktu
- Katakana -
 O  mencocokkan gambar
  membaca teks dan menjawab soal
$ Tes tertulis 2 (bab 10-12)
         ujian praktek menyatakan waktu dalam hari, tanggal dan bulan
- PR
- tes
  tertulis
- praktek
6 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- dapat mengidentifikasi-kan keterangan waktu dalam jam
- dapat menulis Katakana - .
BAB 13 – Nanji desuka?
- jam
- Katakana -
 O menghubung-kan titik-titik jam
PR

4 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- dapat menyatakan kesan suatu mata pelajaran
- dapat menulis Katakana .
BAB 14 – Nihongo no Jugyō wa Dō desuka?
- mata pelajaran dan kesannya
- Katakana

wawancara mengenai kesan mata pelajaran
- PR
- membuat jadwal pelajaran
2 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan
- Siswa dapat membuat karangan  mengenai mata pelajaran dan kegiatan sekolah.
- dapat mengidentifikasikan isi teks yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan di sekolah.
- dapat menulis Katakana - .
BAB 15 – Tosho-shitsu de Hon wo Yomi-masu
- kegiatan di sekolah
- Katakana -
$  menulis kalimat
  membaca teks dan mengisi tabel

$ Ulangan harian 3 (bab 13-15)
         ujian praktek menyatakan waktu dan kesan mapel

- PR
- tes
  tertulis
- praktek
6 X 45 menit
- searching internet
- Kartu gambar
- Lembar kegiatan



                                                                                                                     Kembang Seri, Juli 2014
                      Mengetahui,                                                                          Guru Mata Pelajaran
          Kepala SMAN 1 Talang Empat                                    



                   NASPIN, S.Pd                                                                        WIDIYASARI,S.Pd
           NIP. 19691012 199701 1 001                                                          NIP. 19880221 201001 2 010

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...